MACAM-MACAM ATAP RUMAH



WELCOME TO MY BLOG JJJ


Rumah merupakan salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Tentu saja kita menginginkan agar rumah kita memiliki keindahan dan kenyamanan seperti yang kita impikan. Tetapi saat ini, bagi sebagian orang rumah idaman bukan hanya mencakup sebuah rumah yang besar, tapi juga rumah yang asri lengkap dengan sebuah taman kecil di halaman rumah ataupun sesuatu yang dianggap menarik menurut sang pemilik rumah.
Dibawah ini merupakan contoh gambar rumah minimalis lengkap dengan halamannya


Setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda dalam memilih sesuatu yang diperlukan dalam rumahnya seperti halnya atap rumah, lantai, atap kanopi, pintu dan sebagainya. Disini saya akan menjelaskan beberapa contoh atap rumah yang sering diminati oleh masyarakat pada umumnya :

1.       Atap genteng yang terbuat dari bahan tanah liat

Genteng tanah liat merupakan  genteng yang paling banyak diminati masyarakat.
Keunggulan dari genteng ini, adalah harganya relatif terjangkau, mudah dicari, tersedia beragam bentuk dan model, kuat (tetap aman walau diinjak ), tahan lama (meski cuaca Indonesia yang cepat sekali berubah-ubah seperti panas, dingin, dan hujan), aman terhadap serangan serangga , dan yang terpenting lagi adalah mudah dalam proses pemasangannya.



Tetapi, jangan dikira bahwa atap ini tidak ada kekurangannya, kekurangannya adalah jika anda tidak melapisi dengan cat, maka akan cepat lembab dan juga berjamur


2.       Atap genteng beton

Pada atap genteng beton biasa, bahan atap dicetak dari beton yang bentuknya seperti bahn tanah liat. Atap genteng beton biasa dipasang pada rumah-rumah tipe minimalis. Terdapat beragam pilihan model yang dapat anda pilih mulai dari genteng yang bergelombang hingga yang datar dengan beragam pillihan warna warna-warni yang cantic dan indah.
Kelebihannya juga tahan terhadap cuaca, kebakaran maupun serangan serangga.













Kelemahan dari atap genteng beton adalah atap genteng beton lebih berat dibandingkan dengan dengan atap genteng tanah liat. Harganya juga lebih mahal dibandingkan atap genteng tanah liat.

3.       Atap beton cor
Atap beton cor sering disebut atap beton bertulang. Atap beton cor sering kali dipilih dan dipasang pada rumah bertingkat yang memiliki lantai lebih dari satu. Selain rumah bertingkat, atap beton cor juga sering dipilih pada rumah yang memiliki ruang bersantai maupun ruang jemuran di atap. Bentuknya yang kokoh merupakan salah satu keunggulan dari atap beton cor. Keunggulan lainnya adalah tingkat keawetannya, ketahanan terhadap cuaca, pelapukan, dan lumayan tahan terhadap kebakaran.

Kelemahan atap beton cor adalah jika umurnya semakin tua, lumut, pakis, dan tumbuhan liar lain dapat dimungkinkan untuk tumbuh. selain itu, atap beton cor lumayan berat.

4.       Atap genteng keramik
atap genteng keramik memang terbuat dari keramik. Tetapi bahan utama pembuatannya adalah tanah liat dan pada tahap penyelesaiannya pembuatan genteng diberi lapisan pewarna glatzur.
Kelebihan dari atap genteng keramik adalah terdapat beragam pilihan warna. Warna genteng sangat cantik dengan kilau yang memberi kesan terlihat licin warnanya tahan lama karena proses pembuatannya dengan cara dibakar pada suhu yang sangat tinggi.

Banyak ditemukan pemasangan genteng keramik pada balkon rumah mewah. Atap genteng keramik juga lebih kuat.

5.       Atap genteng kaca
Atap genteng kaca merupakan atap yang tersusun dari genteng yang terbuat dari kaca. Kelebihan dari genteng kaca dapat difungsikan sebagai ventilasi dimana cahay matahari dapat masuk ke rumah. Pemasangan atap genteng kaca juuga merupakan salah satu cara menjaga dan mencegah dinding dari kelembapan yang berlebih dan berjamur. Bentuk dari genteng kaca sama seperti bentuk genteng yang lainnya.





6.       Atap genteng metal
Atap genteng metal terdiri dari susunan genteng yang bahan pembuatannya dari logam anti karat atau baja lapis ringan. Bentuk dari genteng metal berupa lembaran seperti seng. Pemasangan genteng metal dengan cara menanam genteng tersebut dengan mur dan baut pada rangka atap.
Keunggulan dari atap genteng metal adalah bobotnya lumayan ringan sehingga tidak memerlukan rangka dalm jumlah banyak.

7.       Atap seng
Atap seng banyak dipilih sebagai atap oleh bangunan warung dipinggir jalan. Mempunyai ukuran yang panjang atap seng memiliki keunggulan pada minimnya rangka yang diperlukan. Beratnya cukup ringan yang mengakibatkan pemasangan harus dipaku pada rangka atap dan terkadang memerlukan tambahan beban agar angin tetap tidak meniup atap ini. Harga seng paling murah dibanding atap lainnya.
Kelemahan dari atap seng adalah mudah berkarat. Selain itu, ketika sudah berumur atap seng akan merusak pemandangan rumah sehingga rumah akan terlihat seperti rumah yang tidak sehat.

Sifatnya yang menahan panas akan membuat rumah terasa sangat panas akan membuat rumah terasa sangat panas serta akan menimbulkan suara berisik ketika hujan.

8.       Atap asbes
Atap asbes bentuknya persis seperti seng akan tetapi salh satu keunggulanya adalah tidak menyerap panas. Harganya murah, mudah pemasangan, tahan lama dan ringan

Kelemahan atap asbes adalah resiko kesehatan jika asbes telah berumur. Serat asbes yang terbuat dari karbon mudah terlepas dan dapat menganggu kesehatan pernafasan.

9.       Atap sirap
Atap sirap biasanya terbuat dari bahan dalam membuat rumah salah satunya adalah kayu. Kelebihan dari atap sirap adalah bentuknya yang unik sehingga seringkali pemasangannya ditemukan pada rumah yang sederhana tapi tetap ingin menampilkan keanggunan seperti pada bangunan pendopo dan rumah joglo. Sifatnya tidak meyerap panas sehingga rumah mejadi Sejuk



           
10.   Atap kanopi
Seringkali pemasangan kita temukan pada area teras rumah. Pemasangan biasanya langsung memesan pada penyedia jasa las




Sekian saja yang dapat saya tuliskan sedikit mengenai penjelasan macam-macam atap rumah..
Untuk info leboh lanjut bisa ditanyakan via wa atau lainnya
Azizah  :           085775076062




Komentar